5 Alasan Arahan Anda Diabaikan

Bawahan takkan mengikuti pimpinan Anda jika Anda melakukan 5 kesalahan berikut:

1. Memimpin tanpa kredibilitas

Orang lain pasti bersedia mengikuti Anda bila mereka percaya Anda tahu apa yang harus dilakukan. Kredibilitas tidak datang dari gelar atau jabatan di kantor, dan sama seperti kepercayaan, membangun kredibilitas butuh waktu. Sudahkah Anda memilikinya?

2. Memimpin sebelum ada relasi

Meski jabatan Anda paling tinggi di kantor, namun mereka takkan mengikuti arahan Anda jika tak ada koneksi personal. Dan karena Anda bosnya, mereka pasti melakukan perintah Anda agar tidak dipecat dan tetap dibayar, namun takkan lebih dari target yang diminta. Membangun relasi atas dasar peduli kepada pribadi seseorang bisa membuka peluang kerjasama yang lebih baik antara kedua belah pihak.

3. Kembangkan sistem terbuka

Perbedaan cara bekerja, sudut pandang, dan sejenisnya bisa memicu konflik. Sayangnya tidak mudah dan bahkan mustahil untuk mengubah cara pandang/ prinsip seseorang. Untuk ini Anda memang hanya punya 2 pilihan: 1) mengganti karyawan dengan orang lain yang memiliki prinsip sama dengan Anda, 2) menyesuaikan prinsip Anda dengannya, atau bersedia menerima prinsipnya yang berbeda tersebut.

4. Tujuan bertentangan

Bagaimana mungkin Anda bisa memimpin seseorang yang ingin berjalan ke arah lain? Meski tak sepenuhnya sama, namun setidaknya Anda dan tim yang dipimpin berjalan ke tujuan yang sama (meski mungkin dengan alur atau cara berbeda). Harmonisasi penting bila Anda ingin menjadi pemimpin yang sebenarnya.

5. Komunikasikan dengan benar

Jika Anda berkomunikasi dengan cara atau kata-kata yang sukar dipahami bawahan, maka mereka pasti takkan dapat (tidak berminat pula) mengikuti arahan Anda. Jadi gunakan gaya bahasa yang mudah dipahami.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s