14 Penyebab Punggung Anda Sakit

Sakit punggung mengirim lebih banyak pasien ke dokter ketimbang penyakit lainnya seperti demam misalnya. Menurut Todd Sinett, ahli tulang sekaligus co-author The Truth about Back Pain, ada banyak penyebab sakit punggung, di antaranya adalah yang mau lewat berikut ini.

1. Kebanyakan duduk

Tahukah Anda bahwa duduk memberikan tekanan 40% lebih banyak untuk tulang belakang ketimbang posisi berdiri?

Solusi: duduk dengan sudut 135 derajat bisa mengurangi tekanan tersebut. Lakukan saat bicara dengan rekan kerja atau menelepon. Selain itu, jangan lupa berdiri dan berjalan beberapa menit tiap 30 menit.

2. Sering mengemudi

Sama seperti duduk di balik meja, berkutat di belakang setir mobil juga bisa membuat membuat otot dada dan bahu tegang.

Solusi: pastikan sudut duduk Anda 90 derajat, dekat setir sehingga Anda tak harus meregangkan tangan. Pastikan posisi kaki lebar agar punggung lebih rileks.

3. Terlalu banyak nonton TV

Memarkir tubuh di depan tabung televisi selama berjam-jam sehari bisa membuat punggung depresi. Salah satu alasannya antara lain kebanyakan nonton TV memangkas kesempatan Anda berolahraga.

Solusi: tentunya adalah dengan membatasi nonton TV. Alternatif lain adalah berdiri dan jalan, atau melakukan peregangan selama jeda komersial.

4. Stres

Saat berada dalam tekanan, katakanlah ditodong senjata misalnya, seluruh tubuh akan tegang termasuk otot leher dan punggung. Stres sepanjang waktu bisa membuat punggung sakit.

Solusi: Berusahalah tenang, entah lewat olahraga, tertawa bersama teman-teman, membaca komik lucu, menonton film komedi, terapi musik, dll.

5. Menyimpan dendam

Kebencian terhadap orang lain yang dipendam juga bisa menjadi salah satu penyebab punggung sakit. Saat jiwa dipenuhi kemarahan, dendam, kebencian, emosi juga berada dalam keadaan tidak tenang.

Solusi: memaafkanūüôā

6. Menahan rasa sakit

Menahan rasa sakit hanya membuat deritanya kian bertambah parah.

Solusi: “Nikmati” rasa sakit yang ada, tentunya sambil mengobatinya, namun jangan menahannya. Menahannya hanya membuat otot bertambah tegang.

7. Cinta high heel

Alas kaki hak tinggi atau model jepit, keduanya membuat kaki tidak stabil sehingga bisa berdampak pada otot punggung (membuatnya bekerja lebih keras).

Solusi: Anda tak harus menanggalkan keduanya, namun jangan memakainya terlalu lama untuk berjalan.

8. Ada yang salah dengan sepeda

Pengaturan tempat duduk/ sadel sepeda juga bisa mempengaruhi postur tubuh saat menaikinya. Bila salah, maka tentu imbasnya ke punggung.

Solusi: Miringkan bagian depan sadel sekitar 10-15 derajat. Setelan ini bisa meringankan tekanan di tulang punggung bawah dan pinggul. Pastikan kaki bisa diluruskan sepenuhnya (arah jarum jam 6) saat tumit menginjak pedal. Saat memegang handle pun, tangan, siku, dan bahu tak seharusnya tegang. Jalan terakhir adalah meminta bantuan ahlinya.

9. Kasur usang

Tak ingat kapan terakhir kali Anda ganti kasur? Matras yang tak memadai bisa membuat punggung sakit.

Solusi: Untuk membantu meminimalkan ketidaknyamanan saat tidur, sematkan guling di bawah lutut saat telentang, di antara lutut kalau Anda tidur menyamping, atau bawah perut dan pinggul jika Anda tengkurap.

10. Tas terlalu berat

Membebankan tas terlalu berat bisa membuat bahu tidak seimbang sehingga otot punggung pun tidak terbiasa lurus/ tegak.

Solusi: isi tas dengan barang yang benar-benar Anda butuhkan. Hindari memilih tas yang sudah berat meski tidak diisi apapun. Pilih tali yang lebar dan pindahkan arah selempangan secara bergantian. Anda juga bisa memisahkan barang bawaan dalam 2 tas sehingga bisa dipegang masing-masing tangan.

11. Kebiasaan makan salah

Para ahli menyatakan makanan yang baik untuk jantung, berat badan, dan kadar gula dalam darah, juga bagus untuk punggung Anda.

12. Pecandu crunch

Sit up dan gerakan crunch bisa menyebabkan sakit punggung ketimbang mencegahnya. Gerakan ini cenderung menyebabkan ketidakseimbangan batang tubuh.

Solusi: Anda tak harus menghentikan gerakan itu sepenuhnya, namun lakukan perlahan dan dengan teknik yang tepat.

13. Tidak yoga

Yoga meningkatkan sirkulasi dan meredakan stres, tentu saja ini ramah bagi punggung Anda juga.

14. Melewatkan olahraga

Aktif bergerak seperti sering jalan kaki dan meregangkan tubuh bisa meredakan rasa sakit secara kilat.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s