Perut Ramping: 9 Kebiasaan Pendukungnya?

Cara merampingkan perut tak selalu membosankan. Ada begitu banyak metode yang bisa diterapkan untuk memperoleh perut idaman, dan beberapa artikel lifestyle ke depannya akan membahas topik ini. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa Anda praktekkan.

1. Tetap tenang

“Stres berlebih meningkatkan kadar kortisol, hormon yang bisa menuntun lemak ke bagian tengah tubuh seseorang,” ujar Jacob Seidell, PhD, dari National Institute of Public Health di Bilthoven (Belanda).

2. Jauhi alkohol

Segelas anggur saat makan malam mungkin merupakan salah satu alasan mengapa jeans terasa begitu ketat sebab alkohol cenderung mendongkrak kadar kortisol juga.

3. Berhenti merokok

Buat perokok yang merasa bisa tetap kurus, faktanya lemak di perut mereka lebih banyak ketimbang yang bukan perokok.

4. Makan lebih banyak serat

Tak hanya ramah untuk berat badan, serat juga menjauhkan konstipasi (penyebab perut tampak besar).

5. Banyak minum

Untuk meminimalisir perut bengkak/ membesar selama masa haid, minumlah banyak air putih.

6. Jaga tulang tetap kuat

“Osteoporosis memicu tulang rapuh, menyebabkan tubuh merosot dan rongga perut memendek, sehingga tak ada ruang bagi perut kecuali ke luar,” ujar Willibald Nagler, MD, pensiunan pskiater dari New York Hospital-Cornell Medical Center (New York City).

7. Kardio

Semua latihan perut terbaik di dunia takkan bekerja maksimal jika Anda enggan menyingkirkan lemak tersembunyi di area tersebut. Cara terbaik adalah dengan latihan kardio atau aerobik, 45-60 menit, 5 kali seminggu.

8. Tarik dan tahan perut

Bayangkan ada magnet yang menarik perut Anda mendekati tulang belakang. Berlatihlah menarik dan menahan perut hingga kondisi ini menjadi otomatis, seperti saat Anda bernafas. Lakukan sepanjang hari, terutama saat berdiri, duduk, atau berjalan.

9. Angkat beban

Mengangkat beban 2-3 kali seminggu juga bisa membantu mengencangkan otot-otot perut yang kendur. Berdirilah sebanyak mungkin saat melakukannya. Konsentrasi pada perut dan postur yang benar, namun jangan lupa bernafas.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s