10 Pencuri Waktu Produktivitas Anda

Pernah bekerja seharian, merasa lelah, namun ternyata tidak menghasilkan apapun yang berarti? Mungkin hal-hal berikut ini sudah mencuri waktu, perhatian, produktivitas, dan tenaga…tanpa Anda sadari.

1. Meeting tanpa agenda

Meeting hanya produktif jika pesertanya tahu apa yang akan dibicarakan. Agenda membuat rapat berjalan fokus dan terarah. Kurang tujuan dan konsep hanya membuat pembicaraan bertele-tele, tak terarah, dan pastinya membuang waktu.

2. Melayani permintaan orang tak dikenal

Kecuali Anda bekerja sebagai CS atau marketing, tak ada alasan bagi Anda menerima telepon dari orang tak dikenal, apalagi bila jadwal harian selalu padat. Lagipula, kapankah terakhir kali Anda menerima telepon tak terduga yang benar-benar penting?

3. Voice mail

Pesan voice mail menyita beberapa menit (tentunya lebih jika Anda membalasnya), padahal informasi yang sama bisa dipahami beberapa detik saja bila disampaikan lewat email. Bila perlu jelaskan ke pihak lain bahwa Anda mengutamakan email ketimbang voice mail untuk berkomunikasi.

4. Email tak penting

Gunakan fasilitas sorting yang disediakan akun email untuk membedakan email mana yang memang penting (dari klien misalnya), dan mana yang tergolong spam (newsletter bulanan yang jarang Anda baca misalnya). Sehingga saat serbuan email masuk, Anda bisa mencentang “sudah dibaca” atau “delete” untuk yang tak penting dan menyediakan waktu hanya untuk yang benar-benar penting.

5. Interupsi dari email dan sms

Saat sebuah tugas butuh konsentrasi tinggi dan perhatian penuh, hal terakhir yang Anda butuhkan adalah email atau sms tak penting yang bisa memecah fokus. Apapun itu bisa menunggu sampai Anda menyelesaikannya, percayalah.

6. Obrolan tak perlu

Bagi beberapa orang, kantor seperti cafe. Mereka berjalan keliling mencari orang yang bisa diajak bicara. Alasannya diskusi soal bisnis, namun sebenarnya mereka hanya ingin ngobrol saja. Jangan biarkan pribadi demikian mengganggu waktu produktivitas Anda.

7. Tubuh loyo

Hargai tubuh dengan “bensin kualitas premium”. Apa yang dimakan menentukan tingkat energi Anda dalam bekerja, dan itu berarti mempengaruhi apa yang Anda capai. Makanan manis memang bisa menyediakan energi secepat kilat, namun cepat pula pudarnya. Demikian pula dengan makanan berat yang membutuhkan banyak energi untuk mencernanya.

8. Kurang gerak

Tubuh manusia tidak didesain untuk duduk berjam-jam lamanya. Jika ingin tetap segar dan sehat, bangun dan bergeraklah. Gunakan timer bila terpaksa.

9. Terlalu lama dalam mengambil keputusan

Banyak orang membuang terlalu banyak waktu dalam mengambil keputusan. Memang kita harus penuh pertimbangan, namun jangan sampai membuang terlalu banyak waktu juga.

10. On terus sepanjang hari

Jika Anda berhenti bekerja saat makan dan tidur, Anda pasti bakal jauh lebih produktif saat bekerja. Selalu tersedia dan on bisa menjadi sumber stres, sakit penyakit, dan pemicu keputusan buruk. Beristirahatlah.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s