5 Tips Cegah Gas Berlebih Dalam Perut

Gas berlebih dalam perut bisa membuat tubuh tidak nyaman, apalagi jika sampai tidak bisa buang angin, atau gas buang angin berbau super tak sedap. Mengingat ada begitu banyak faktor yang menyebabkannya, berikut kami bagikan beberapa tips dan solusi menghindarinya.

1. Minimalkan porsi makanan pemicunya

Gula berlebih, serat, karbohidrat dan sayur tertentu merupakan makanan yang bisa menciptakan gas berlebih. Gas yang terbentuk setelah makan daging dan telur juga cenderung menghasilkan gas berbau busuk, sementara gas dari buah dan sayur cenderung tak berbau. Beda makanan, beda pula dampaknya terhadap masing-masing orang. Catat makanan apa saja yang cenderung membuat masalah gas bagi tubuh Anda.

Berikut daftar makanan yang umumnya menimbulkan kelebihan gas:

a. Sayuran seperti artichoke, asparagus, brokoli, kubis, kembang kol, timun, paprika hijau, polong, lobak, dan kentang mentah
b. Kacang-kacangan dan legume
c. Buah seperti aprikot, pisang, melon, peach, pear, prem, dan apel mentah
d. Gandum dan terigu
e. Telur
f. Minuman soda, minuman buah, bir, dan anggur merah
g. Makanan berlemak dan yang digoreng
h. Gula berikut penggantinya
i. Susu dan produk susu
j. Makanan kemasan yang mengandung laktosa seperti roti, sereal, dan salad dressing

Untuk itu disarankan mengonsumsi kombinasi antara serat larut dan tak larut.

2. Makanan berlemak dan hasil proses juga bermasalah

Tak hanya menciptakan gas berlebih, makanan berlemak cenderung membuat lambung terasa penuh dan berat, memicu ketidaknyamanan. Semakin sedikit makanan berlemak yang dikonsumsi, makin cepat pula perut kosong, sehingga gas bisa bergerak dengan bebas melewati tubuh.

Sementara sayur dan buah menimbulkan masalah gas bagi mereka yang biasanya hanya mengonsumsi makanan hasil proses.

3. Pangkas konsumsi minuman soda

Gelembung sekaligus gula yang terkandung di dalamnya merupakan tersangka utama pemicu munculnya gas sehingga bisa membuat Anda merasa kembung.

4. Kurangi udara yang masuk dalam tubuh

Gas bisa diproduksi saat Anda minum terlalu cepat, merokok, mengunyah permen karet, dan hiperventilasi saat gugup.

5. Saatnya mengunjungi dokter

Bila dalam jangka waktu cukup lama, perut tetap merasa tidak nyaman, maka saatnya Anda mengunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Sebab gejala sakit jantung juga mirip dengan kondisi kelebihan gas. Jika sakit di dada dan perut tak kunjung reda, segera hubungi dokter.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s