7 Tips Atasi Sindrom Libur Saat Bekerja Kembali

Suasana libur masih melekat dalam benak Anda hari-hari ini? Kembali bekerja setelah libur panjang memang seringkali diawali tanpa semangat. Ingatan dan pikiran sepertinya masih betah fokus pada keasyikan liburan kemarin.

Liburan memang penting untuk relaksasi, inspirasi, dan memperkaya pengalaman, namun bisa menjadi momen transisi yang sulit saat itu berakhir dan kita harus kembali bekerja. Solusi atasinya?

1. Terima kenyataan

Mengingat kembali momen liburan bisa menjadi masalah saat bekerja, membuat kita kurang konsentrasi pada tugas yang ada di depan mata. Parahnya, nama beberapa klien pun bisa dilupakan. Rekan atau atasan mungkin memberi Anda waktu ekstra, namun tentunya itu tidak akan lama. Terimalah kenyataan bahwa Anda memang memiliki momen liburan menyenangkan, namun sekarang saatnya untuk kembali bekerja dan memberi yang terbaik untuk pekerjaan Anda.

2. Pertengahan minggu lebih baik

Jika memungkinkan, kembalilah bekerja pada pertengahan minggu. Beberapa hari bekerja sebelum weekend bisa membantu Anda menyesuaikan diri lagi dengan lingkungan kerja dan tugas yang ada.

3. Bersih-bersih

Jika kantor atau meja berantakan sebelum liburan, maka saatnya bersih-bersih dan merapikannya sebelum kembali bekerja agar Anda sedikit lebih bersemangat.

4. Olahraga

Olahraga sangat membantu pemulihan sindrom libur sebelum kerja. Saat tubuh merasa segar, Anda pun bisa bekerja dengan lebih baik.

5. Rencanakan liburan selanjutnya

Anda bisa juga merencanakan liburan selanjutnya, melakukannya dapat memberi Anda sensasi pengalaman baru dan membuat kerja menjadi lebih ringan.

6. Merencanakan libur akhir pekan

Ya, berlibur lagi saat akhir pekan nanti juga bisa jadi pemuas “emosi yang belum ikhlas melepaskan liburan”. Kunjungi tempat wisata alam, dan bila perlu bawa pekerjaan bila harus.

7. Observasi ulang

Jika semangat bekerja tak kunjung membaik, maka mungkin ada penyebab serius di balik itu. Apakah Anda masih betah dan punya hasrat bekerja di sana/ di bidang itu. Jika tidak, maka mungkin ini saatnya untuk mencari yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s