Belanja Cerdas Setiap Waktu (I)

Tak seorangpun membeli barang lalu berencana menyia-nyiakannya. Namun coba ingat berapa kali hal ini terjadi? Sepatu kesesakan atau sebaliknya kebesaran, busana terlalu ketat, hingga syal yang cacat akibat kurang teliti saat memilih. Hal ini tak perlu terjadi lagi terutama bila dana belanja bulanan tergolong pas-pasan. Ayo kita simak tips belanja cerdas setiap waktu berikut.

1. Cobalah berbagai.. banyak ukuran

Masuk dalam kamar pas dengan 3 ukuran busana yang diminati karena beda merek, bahan, desainer, musim; beda pula ukurannya. Abaikan nomor yang tercantum dan cobalah sebanyak mungkin ukuran untuk mencari yang paling pas.

2. Buat daftar

Tahu apa yang sedang dicari dan pergi berbelanja dengan perencanaan akan menjauhkan Anda dari lapar mata sehingga menghindarkan pembelanjaan yang tak perlu.

3. Kenakan busana yang tepat

Kenakan pakaian dan alas kaki yang mudah dilepas saat mencoba baju, begitu pula dengan pakaian dalam warna nude. Membubuhkan sedikit makeup bisa membantu menetralkan pendar cahaya lampur kamar ganti.

4. Belanja sendiri saja

Mengajak teman memang menyenangkan, namun cara terbaik untuk berkonsentrasi pada item yang dicari (hemat waktu juga) adalah pergi sendiri.

5. Jangan kompromi

Sudah berputar-putar mall namun tetap tidak mendapatkan item yang cocok? Jangan kompromi dengan perasaan bersalah bahwa Anda hanya buang waktu saja jika tak membeli apapun.

6. Cari di gantungan

Apa yang disajikan di rak bisa menipu mata. Cari di gantungan lebih baik karena modelnya tersaji lebih maksimal, dan jangan lupa untuk mencobanya.

7. Cermin 3 arah

Saat mencoba pakaian baru, sedapat mungkin carilah kamar ganti yang memuat 3 cermin di depan dan sisinya. Berputarlah, berjalan, membungkuk, meregang, jongkok, tes busana dengan beberapa posisi tersebut. Bahkan jika mungkin, amati penampakannya dengan cahaya lampu berbeda.

8. Hindari keramaian

Belanja saat mall/ toko sedang sepi membuat Anda lebih tenang dan bisa memilih dengan lebih baik.

9. Sesuaikan dengan postur tubuh

Tak peduli seberapa bagus dan murah item tersebut, jika tak harmonis dengan postur tubuh, letakkan. Berpikir jangka panjang (misal Anda sedang berencana diet agar bisa muat) sah-sah saja namun idealnya, Anda perlu tampil oke… sekarang, bukan nanti.

10. Belanja sesuai realita

Anda mungkin ingin memakai gaun dan heel 3 inci, namun jika sehari-hari Anda cenderung lebih suka dan nyaman mengenakan jeans dan flat, maka itulah realitanya. Habiskan uang untuk realita yang dijalani sehari-hari, bukan angan-angan.

11. Aksesoris tepat

Cobalah dress dengan atau tanpa stoking, sabuk kecil atau lebar, heel lalu flat. Tak perlu malu untuk meminta penjaga toko membantu Anda menemukan pasangan aksesoris terbaik.

Selanjutnya

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s